Tuesday, December 27, 2011

PULAU MADAGASKAR

Sudah di lihat:

Share/Bookmark


Gambaran Tentang Madagaskar

Madagaskar merupakan sebuah pulau yang terletak berseberangan dengan pantai timur benua Afrika bagian selatan di Samudra Hindia. Sebagai pulau terbesar nomor empat di dunia, Madagaskar sedikit lebih besar dibandingkan Prancis tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan Texas.

Madagaskar terpisah dari benua Afrika selama lebih dari 150 juta tahun. Oleh karena itu, kebanyakan tumbuh-tumbuhan dan binatang yang hidup di sana tidak ditemukan di tempat lain di bumi.

Karena lokasinya yang terpencil, Madagaskar tidak ditempati manusia sampai sekitar 2.000 tahun yang lalu. Malagasy -- sebutan untuk penduduk di pulau tersebut -- merupakan keturunan dari nenek moyang orang Indonesia yang berhasil berlayar melalui Samudra Hindia. Orang-orang Arab dan Afrika kemudian datang dan memberi kontribusi penting bagi keistimewaan budaya di pulau tersebut.


Pada masa setelah kedatangan para bajak laut sepanjang pantai timur Afrika, Madagaskar dijajah oleh bangsa Perancis akhir abad ke 19. Madagaskar memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1960 dan sekarang merupakan sebuah negara demokrasi.

Kehidupan Margasatwa di Madagaskar

Sekitar 75% spesies yang ada di Madagaskar bersifat endemik, artinya tidak hidup di tempat lain di bumi. Pulau ini merupakan rumah bagi binatang-binatang langka termasuk lemur (kelompok kera), tenrec (sejenis landak berduri), bunglon berwarna terang, puma-sejenis mamalia, dan jenis-jenis binatang lainnya. Sayangnya, oleh karena perusakan habitat dan perburuan, banyak binatang-binatang unik di Madagaskar sekarang terancam punah. 

Geografi Madagaskar

Karena ukurannya yang lebih luas dibandingkan California, Madagaskar merupakan pulau keempat terbesar di dunia setelah Greenland, Nugini, dan Kalimantan. Lokasinya yang berada di Samudra Hindia bagian barat, menandakan Madagaskar berada sangat jauh dari pantai bagian barat Amerika Serikat. Untuk terbang ke Antananarivo, yang merupakan ibukota Madagaskar, dari San Fransisco harus menempuh jarak 11000 mil atau 17700 km dan membutuhkan waktu terbang 23 jam.

Madagaskar dapat dibagi menjadi lima wilayah geografis: pantai timur, Massif (kerak bumi) Tsaratanana, dataran tinggi tengah, pantai barat, dan pantai selatan. Dataran tinggi di tengah membentang sepanjang pulau dengan rentang ketinggian 2600 hingga 5800 kaki (800 hingga 1800 meter). Di wilayah Massif Tsaratanana pada ujung utara pulau terdapat gunung tertinggi pulau ini. Madagaskar sering disebut sebagai ”Great Red Island (Pulau Merah Besar)” oleh karena tanah merahnya, yang umumnya tidak bagus untuk pertanian.

Madagaskar juga memiliki formasi batu kapur yang menarik di kawasan barat dan timur. Formasi ini dikenal dengan sebutan tsingy, terbentuk dari curahan air hujan selama bertahun-tahun, yang menyebabkan dasar batu kapur ini terkikis.

Iklim Madagaskar

Oleh karena geografinya, iklim di Madagaskar berubah-ubah. Secara umum, Madagaskar memiliki dua musim : musim hujan yang panas mulai November hingga April, musim kemarau yang lebih dingin mulai Mei hingga Oktober.

Pantai di bagian timur adalah wilayah paling basah di negara ini dan merupakan rumah bagi hutan hujan pulau ini. Area ini juga secara periodik diterpa badai tropis dan angin topan.

Dataran tinggi tengah terasa lebih dingin dan lebih kering, dan banyak terdapat lokasi pertanian Madagaskar, terutama padi.

Pantai bagian barat merupakan rumah bagi hutan gugur kering. Daun Pohon-pohon hutan gugur akan berguguran selama 6 hingga 8 bulan musim kemarau.

Ketika musim hujan kembali datang, hutan ini akan dipenuhi dengan dedaunan berwarna hijau terang. Di sebelah tenggara Madagaskar terdapat iklim paling kering di pulau ini. Sebagian dari wilayah ini bisa disebut gurun pasir oleh karena curah hujannya yang sangat rendah.




Sumber : http://indonesia.mongabay.com/madagascar/01-introduction.html
                   http://indonesia.mongabay.com/madagascar/02-geography.html
                   http://indonesia.mongabay.com/madagascar/03-climate.html


Share

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.