Tuesday, March 15, 2011

CARA MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA

Sudah di lihat:

Share/Bookmark



Blog adalah singkatan dari Weblog yang hampir mirip dengan Website. Salah satu letak perbedaanya adalah pada konten / isi / artikel / postingan / entri . Seperti yang kita tahu, blog lebih fokus pada artikel-artikel yang dibuat dan terupdate secara teratur. Sedangkan website bukan artikel-artikel yang ingin mereka tunjukkan, tetapi sesuatu yang lain. Contohnya seperti produk bisnis, penawaran jasa, dan lain sebagainya.

Bagi sobat yang kepingin memiliki sebuah blog, kenapa tidak mencoba untuk membuatnya saja? 100% gratis koq.. Contohnya aja blog ini, blog ini sedikitpun tidak membutuhkan uang. Kalau sobat pernah dengar, katanya kalau mau membuat blog itu harus bayar hosting dan domain. Itu memang benar. Tapi ada koq yang gratisannya. Dan sobat akan dipandu membuat blog dari hosting dan domain gratisan. Panduannya ada di bawah.

Untuk membuat blog yang gratis, kita gunakan aja layanan yang disediakan oleh blogger.com . Blogger.com itu adalah sebuah situs tempat sobat nantinya menciptakan blog sobat, mempublish artikel dan mengatur tampilan blog sobat. Baiklah, ayo sekarang kita buat blognya.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar dan membuat akun. Pergilah ke alamat berikut www.blogger.com

2. Lalu klik "buat blog".

3. Pada tahap ini sobat akan membuat sebuah akun google, jadi isikan data-data yang benar, terutama e-mail.

4. Jangan lupa isikan nama tampilan blog sobat, isikan tanggal ulang tahun sobat dengan format tahun/bulan/taggal ( contohnya : 1994/08/19 ), tuliskan kata yang tampil pada verifikasi kata ke dalam kotak di bawahnya, centang penerimaan pendaftaran, lalu klik lanjutkan di pojok bawah kanan bergambar panah

5. Lalu kali ini tuliskan judul blog sobat beserta alamat URL blognya ( contoh: http://namablogkamu.blogspot.com ), jangan lupa untuk mengecek ketersediaan alamat tersebut, jika tersedia verifikasi kata yang tampil dengan cara menuliskannya kembali, lalu klik lanjutkan di pojok bawah kanan

6. Pilih template yang sobat sukai untuk blog sobat, apa itu template? dan bagaimana cara mengganti template blog blogger tsb? template itu tampilan halaman yang muncul jika blog kamu di akses. ya udah pilih aja dengan mengklik bulatan yang ada di template tersebut

7. Lalu klik lanjutkan dan jadi dech, sekarang blog sobat dah jadi dan tingal mengedit tampilan serta membuat artikel-artikel sobat sendiri. Caranya? klik dulu tulisan "mulai blogging ". lalu sobat akan tertuju ke halamn dimana sobat bisa menuliskan apa aja yang ingin dipostingkan. Tapi lihat dulu blog pertama sobat, klik aja lihat blog. Bagaimana ?? Manteb kan ....?


Note:
  Jika sobat menemukan perbedaan dari kenyataannya dalam membuat blog di blogger ini , mungkin itu karena pembaharuan dari blogger.com yang tidak diikutsertakan dalam tutorial ini.
Harap dimaklumi !! Terima kasih !!


Oia, tahukah sobat? Kita ternyata dapat menghasilkan dollar dari blog lho. Tapi, tidak segampang yang dikira. Sebaiknya kita memiliki skill bahasa Inggris, kemampuan marketing, SEO dan lainnya. Jika sobat serius, program-program seperti Google adsense, Affiliate, Jualan Link dan lain-lainnya bakal menjadi mesin dollar. Dan dollar-dollar tersebut akan memgembungi kantong sobat. Tapi selalu ingat, itu butuh proses dan kerja keras.

Oke, sekian dulu ya tutorial yang satu ini ... Salam blogger sob ! 

Sumber : http://modifblogmu.blogspot.com/2010/03/cara-membuat-blog-untuk-pemula.html


Share

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.