Minal Aidin Wal Faizin  tidak ada dan tidak dikenal dalam budaya Arab
Lebaran tidak lama lagi segera kan dirayakan.
Lebaran tidak lama lagi segera kan dirayakan.
Frasa yang akan banyak diucapkan orang di hari berbuka (baca: ‘iedul fitri) adalah “MINAL AIDIN WAL FAIZIN”. Seringkali frasa berbahasa Arab ini diikuti dengan frasa berbahasa Indonesia :  maaf lahir dan batin.  Orang mengucapkan dua frasa ini biasanya sambil menyorongkan tangan  untuk bersalaman.  SMS pun akan banyak mengutip frasa ini. Bahkan iklan  di media cetak dan televisi juga menampilkan rangkaian kata ini.  Seringkali pula tulisan berhuruf latin ini dibikin sedemikian rupa  sehingga menyerupai kaligrafi huruf Arab.
Tapi, tahukah kita bahwa frasa “Minal Aidin Wal Faizin” itu tidak dikenal dalam budaya Arab (terlebih lagi dalam islam)?
Tapi, tahukah kita bahwa frasa “Minal Aidin Wal Faizin” itu tidak dikenal dalam budaya Arab (terlebih lagi dalam islam)?
Dalam buku berjudul “Bahasa!” terbitan  TEMPO. Di halaman 177 buku ini, Qaris Tajudin mengungkapkan bahwa  memang frasa Minal Aidin Wal Faizin “berasal dari bahasa Arab, bahasa  yang banyak menyumbang istilah keagamaan di Indonesia, baik agama Islam  maupun Kristen.” Qaris mengatakan bahwa selain tidak dikenal dalam  budaya Arab, frasa Minal Aidin Wal Faizin juga hanya dapat dimengerti  oleh orang Indonesia. Frasa ini bisa ditemui dalam kamus bahasa  Indonesia, tapi tidak ditemukan dalam kamus bahasa Arab, kecuali dalam  lema kata per kata.
Lalu, apa arti Minal Aidin Wal Faizin?  Terjemahan frasa ini adalah : dari orang yang kembali dan orang-orang  yang menang. Mungkin maksud lengkapnya adalah : ”Semoga Anda termasuk  orang-orang yang kembali (ke jalan Tuhan) dan termasuk orang yang menang  (melawan hawa nafsu).”
Ternyata, adalah suatu kesalahan besar jika kita mengartikan Minal Aidin Wal Faizin dengan “mohon maaf lahir dan batin”.
Ternyata, adalah suatu kesalahan besar jika kita mengartikan Minal Aidin Wal Faizin dengan “mohon maaf lahir dan batin”.
[dinukil dari: http://jalansutera.com]
UCAPAN YANG BENAR PADA HARI RAYA 'IED
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ditanya tentang ucapan selamat pada hari raya maka beliau menjawab [Majmu Al-Fatawa 24/253] :
“Ucapan pada hari raya, di mana sebagian orang mengatakan kepada yang lain jika bertemu setelah shalat Ied :
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكم
Taqobbalallahu minnaa wa minkum
“Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian”
Dan (Ahaalallahu ‘alaika), dan  sejenisnya, ini telah diriwayatkan dari sekelompok sahabat bahwa mereka  mengerjakannya. Dan para imam memberi rukhshah untuk melakukannya  seperti Imam Ahmad dan selainnya.
Akan tetapi Imam Ahmad berkata :
“Aku tidak pernah memulai  mengucapkan selamat kepada seorangpun, namun bila ada orang yang  mendahuluiku mengucapkannya maka aku menjawabnya. Yang demikian itu  karena menjawab ucapan selamat bukanlah sunnah yang diperintahkan dan  tidak pula dilarang. Barangsiapa mengerjakannya maka baginya ada contoh  dan siapa yang meninggalkannya baginya juga ada contoh, wallahu a’lam.”  [Lihat Al Jauharun Naqi 3/320. Berkata Suyuthi dalam 'Al-Hawi: (1/81) :  Isnadnya hasan]
Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari [2/446] :
“Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata :
“Para sahabat Nabi Shallallahu  ‘alaihi wa sallam bila bertemu pada hari raya, maka berkata sebagian  mereka kepada yang lainnya : Taqabbalallahu minnaa wa minka (Semoga  Allah menerima dari kami dan darimu)”.
Ibnu Qudamah dalam “Al-Mughni”  (2/259) menyebutkan bahwa Muhammad bin Ziyad berkata : “Aku pernah  bersama Abu Umamah Al Bahili dan selainnya dari kalangan sahabat Nabi  Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka bila kembali dari shalat Id  berkata sebagiannya kepada sebagian yang lain : Taqabbalallahu minnaa wa  minka”
Imam Ahmad menyatakan : “Isnad hadits Abu Umamah jayyid (bagus)” [2]
Adapun ucapan selamat : (Kullu  ‘aamin wa antum bikhair) atau yang semisalnya seperti yang banyak  dilakukan manusia [seperti "minal aidin wal faidzin" yang tersebar luas  di Indonesia], maka ini tertolak tidak diterima, bahkan termasuk perkara  yang disinggung dalam firman Allah,
أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ ؟
“Apakah kalian ingin mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik?” [Al-Baqåråh: 61]
[Disalin dari buku Ahkaamu Al  Iidaini Fii Al Sunnah Al Muthahharah, edisi Indonesia Hari Raya Bersama  Rasulullah, oleh Syaikh Ali bin Hasan bin Ali Abdul Hamid Al-Halabi  Al-Atsari, terbitan Pustaka Al-Haura', penerjemah Ummu Ishaq Zulfa  Husein, http://www.almanhaj.or.id/content/1177/slash/0]
Foote Note:
[1].  Al Jalal As Suyuthi menyebutkan dalam risalahnya ” Wushul Al Amani bi  Ushul At Tahani” beberapa atsar yang berasal lebih darisatu ulama Salaf,  di dalamnya ada penyebutan ucapan selamat
 









0 comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.