Tuesday, February 14, 2012

10 HEWAN TERCEPAT DI DUNIA

Sudah di lihat:

Share/Bookmark


Berikut adalah 10 hewan tercepat di dunia.

1. CHEETAH – 70 Mil/jam (112 Km/jam)


Inilah mahluk hidup tercepat yang pernah hidup di daratan. Kecepatan Cheetah bisa mencapai  112 km/jam sampai 120 km/jam hanya pada lintasan sepanjang 460 m (500 yard). Bahkan kemampuan akselerasinya juga tidak bisa ditandingi mahluk hidup apapun. Cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 km/jam sampai 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik.


2.  KIJANG – 61 Mil/jam (80 Km/jam)


Kijang juga ditenggarai sebagai hewan tercepat kedua di dunia. Kecepatan maksimalnya  sangat sulit dipastikan secara akurat. Binatang ini memiliki kemampuan sprint lebih lama karena didukung ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar.

3. WILDEBEEST – 50 Mil/jam (80 Km/jam)


Inilah binatang lain yang menyandarkan hidupnya pada kecepatannya untuk menghindar dari pemangsa. Karena menjadi  makanan favorit kucing besar.  Habitatnya di daratan terbuka Afrika dan menjadi komunitas terbanyak yang bisa hidup sampai 20 tahun.

4. SINGA – 50 Mil/jam (80 Km/jam)


Siapa yang tak kenal hewan satu ini. Raja dari segala pemburu, meski tidak perlu memiliki kecepatan untuk menjadikan dirinya sebagai yang terbaik di antara yang terbaik. Berburu adalah cara melangsungkan hidupnya, mayoritas dikerjakan oleh singa betina, namun singa jantan yang emosi bisa berlari mencapai kecepatan 80 km/jam.

5. RUSA THOMPSON – 50 Mil/jam (80 Km/jam)


Rusa Thompson dinamai sesuai dengan penemunya, Joseph Thompson. Hewan ini diakui sebagai rusa terbaik di dunia, baik dari segi bentuk fisik, kecepatan, juga kecerdikannya dibandingkan jenis rusa lainnya. Terutama menghindari musuh utamanya Cheetah, rusa ini bisa mencapai kecepatan 80 km/jam disertai dengan pergerakan zigzag yang membingungkan. Rusa ini juga memilik ketahanan lebih baik dari cheetah (ibarat motor, rusa thompson bahan bakarnya lebih irit).

6. KUDA – 47,5 Mil/jam (76 Km/jam)


Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse. Kuda jenis ini mendapatkan nama “quarter’ karena dalam pacuan kuda bisa memimpin pacuan hampir seperempat panjang trek (misal lintasan 100 m, kuda ini bisa finish 25 meter di depan peringkat ke-2) dari kuda jenis biasa lainnya. Kuda ini bisa mencapai kecepatan maksimal 76 km perjam.

7. RUSA TANDUK BESAR – 46 Mil/jam (73,6 Km/jam)


Hewan ini sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua di dunia, dan merupakan salah satu mamalia terbesar di Amerika utara dan Asia timur. Hewan ini menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa, tapi bagaimanapun, melihat ukuran dan kecepatannya, banyak predator sekalipun lapar, lebih suka mengurungkan niatnya untuk memburu rusa ini.

8. ANJING PEMBURU – 45 Mil/jam (72 Km/jam)


Anjing ini sangat cerdik karena menggabungkan antara kecepatan dan kecerdikan dalam memburu mangsanya, mereka berburu secara berkelompok dan sangat teroganisir, salah satu anjing mengarahkan mangsanya ke satu tempat, dan anjing lainnya siap menyerang silih berganti sampai mangsa tak berdaya.

9. COYOTE – 43 Mil/jam (68.8 Km/jam)


Coyote menggunakan kecepatannya untuk berburu binatang kecil seperti kelinci, tikus-tikus, tupai hingga rusa.   Hewan pemakan daging ini, hidup berkelompok, dan berburu sepanjang musim.

10. RUBAH – 42 Mil/jam (67.2 Km/jam)


Rubah merupakan pemburu yang menkonsumsi daging dan sayur sayuran. Mereka menggunakan kecepatan mereka berburu kelinci, tikus-tikus bahkan burung-burung.



Sumber : http://bosunik.com/2011/12/10-hewan-tercepat-di-dunia/


Share

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.