Monday, February 13, 2012

5 KOTA TERHIJAU DI DUNIA

Sudah di lihat:

Share/Bookmark


Untuk menjaga kelangsungan bumi sebagai planet yang ditinggali manusia, kini usaha penghijauan dan penggunaan energi untuk kebutuhan manusia dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang makin dipertimbangkan. Beberapa kota di dunia bahkan telah  menjadikan kota mereka sebagai kota yang hijau dengan penggunaan energi yang benar-benar murni dari alam namun tidak mengeksploitasi alam. Berikut 5 kota paling ‘hijau’ yang menggunakan energi alam.

1. Vancouver, Canada
Daerah ini menjadi daerah pertama di muka bumi yang mengusung tema keberlanjutan ini, memanfaatkan sampah elektronik sebagai medali, membangun green stadion. Sebenarnya Vancouver telah berbenah sejak dulu. 90% kebutuhan listrik kota ini di pasok dari hydroelectric. Angin, matahari, gelombang dan tidal energy telah digunakan secara luas untuk menjaga kelestarian lingkungan di kota ini.

2. Malmo, Swedia


Malmo menjadi salah satu kota internasional yang fokus pada ruang hijau. Terkenal dengan taman mereka, termasuk pengembangan perkotaan berkelanjutan. Ini salah satu kota terbesar di Swedia dan benar-benar kota yang indah. Mereka telah mengubah lingkungan mereka menjadi daerah yang ramah lingkungan. Disini anda akan menemukan banyak orang bersepeda dikarenakan di kota ini banyak dibangun jalan khusus untuk mereka yang bersepeda. Kota ini sangat menghargai langit mereka dan tidak membiarkan langit mereka berpolusi. Sekitar 20% dari populasi Malmo berasal dari berbagai negara, membuatnya menjadi kota yang paling kosmopolitan di Swedia.

3. Curitiba, Brazil


Curitiba terletak di selatan Brasil dan ibukota negara bagian Paran  (estado) sejak 1854. Kota yang berdiri pada 1654 adalah sebuah kamp pertambangan emas. Kota ini memiliki banyak sekali ruang hijau seperti taman dan kebun botani yang sangat indah seperti Bosque Alemao, Bosque de Portugal, Bosque Italiano, dan masih banyak lagi. Kota ini difokuskan untuk menjadi kota paling hijau. Para penduduk disarankan untuk meninggalkan mobil mereka di rumah dan menggunakan angkutan massal.

4. Portland Oregon, USA


Meskipun banyak kota di AS sekarang lebih senang menggunakan jalur cepat, inilah kota pertama yang fokus pada energi alternatif dengan membangun rel dan jaringan jalur sepeda yang luas untuk mendorong orang untuk meninggalkan mobil mereka di rumah. Portland merupakan salah satu kota pertama yang berjanji mengurangi emisi dan memulai transisi bangunan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan.

5. Reykjavik, Islandia


Ibukota Islandi ini merupakan negara yang sangat dekat dengan kutub utara. Mereka telah menggunakan pola hijau untuk kotanya,  istrik 100% di pasok dari hydroelctricity dan panas bumi, sistem transportasi juga sudah sangat hijau menggunakan bus hydrogen, sebuah kota paling hijau di eropa dan dunia. Serta kota dengan langit paling bersih dan biru di seluruh jagat raya bumi.


Sumber : http://bosunik.com/2011/12/5-kota-terhijau-di-dunia/


Share

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.